Friday 9 December 2016

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Yang Wajib Untuk Dicicipi

MAKANAN KHAS
KABUPATEN PEMALANG
YANG WAJIB UNTUK DICICIPI

Pemalang merupakan salah satu kabupaten  yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak di Jalur Pantura dan terletak di antara Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pekalongan. Tak heran Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten penting yang berada di Jalur Pantura. Tidak pantas apabila kita sering melewati kabupaten pemalang tanpa mencicipi makanan khasnya. Kabupaten Pemalang memiiki banyak sekali makanan tradisional yang menjadi ciri khas Kabupaten Pemalang. Namun hanya beberapa yang kita ketahui. Disini saya akan menyebutkan sebagian makanan khas Pemalang.

1. Nasi Grombyang

makanan khas pemalang
Gambar 1.1 Nasi Grombyang
  Nasi Grombyang mungkin tidak asing bagi orang yang pernah berkunjung ke Pemalang. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bahasa jawagrombyang-grombyang, artinya "bergoyang-goyang"). Makanan ini merupakan ikon khas Pemalang, bahkan ada istilah bahwa berkunjung ke Pemalang kurang lengkap apabila belum mencicipi Nasi Grombyang. Nasi Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dan di lengkapi sate kerbauRasanya yang nikmat dan di sajikan dengan hangat cocok disantap pada saat musim hujan. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat makanan ini di sukai orang. Makanan ini dapat kita temukan di pusat kota Pemalang.

2. Sate Loso

makanan khas pemalang
Gambar 2.1 Sate Loso dengan siraman
 bumbu
   Kurang lengkap apabila menikmati Nasi Gerombyang tanpa Sate Loso. Sate Loso merupakan makanan khas Kabupaten Pemalang. Sate Loso terbuat dari daging sapi yang di potong berbentuk dadu dan di tusuk  dengan rapi. Sate Loso di sajikan  dengan menyiramkan bumbu atas Sate Loso. Bumbu tersebut  yang membuat  cita rasa Sate Loso menjadi nikmat. Dengan harga yang cukup   terjangkau tidak  heran   Sate   Loso  menjadi   makanan yang      di   minati  oleh  wisatawan  yang   berkunjung  ke Pemalang.   Kita dapat dengan mudah menemukan Sate Loso di pusat kota pemalang.

3. Khamir/Kamir

makanan khas pemalang
Gambar 3.1 Kue Kamir 
Khamir atau orang pemalang biasa menyebutnya kamir merupakan salah satu makanan khas pemalang. Makanan ini berasal dari negara arab. Makanan ini merupakan sebuah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Kamir sendiri memiliki 2 jenis, yaitu Kamir Beras dan Kamir Terigu. Di Kabupaten Pemalang sendiri dapat dengan mudah mencari kue ini di Mulyoharjo di daerah suku arab (orang Pemalang menyebut daerah tersebut dengan sebutan Kampung Arab).


4. Apem

Gambar 4.1 Kue Apem
Apem  atau  orang  pemalang katakan apem comal (karena comal daerah pembuat apem yang khas Pemalang  sehingga di sebut apem comal) merupakan salah satu kue basah yang menjadi  salah satu ciri khas Kabupaten Pemalang. Apem sendiri terbuat dari tepung beras dan gula jawa. Kue ini memiliki tampilan  unik  karena  kue ini   dibungkus   dengan   daun pisang, daun pisang inilah  yang  membuat cita rasa kue apem bertambah. Dengan warna coklat  terang  membuat  kue  ini   terlihat enak di makan. Kita  dapat dengan  mudah  menemukan  kue  apem  didaerah  Comal, Pemalang.

5. Blendung

Gambar 5.1 Blendung
Blendung merupakan salah satu makanan khas Pemalang, Selain di Pemalang juga ada makanan ini namun dengan bahan pembuat yang sedikit berbeda. Makanan ini terbuat dari jagung yang sudah direbus dan diberi parutan kelapa. Makanan ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit gurih yang di karenakan oleh parutan kelapa. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan dapat di jadikan sebagai makanan pengganti nasi atau hanya sekadar dijadikan jajanan saja. Kita dapat dengan mudah membuatnya sendiri karena sedikit bahan yang di butuhkan dan harga bahan yang murah.

6. Gemblong Ketan

Gambar 6.1 Gemblong Ketan
Gemblong Ketan merupakan salah satu makanan khas Pemalang. Makanan ini terbuat dari ketan yang dicampur santan, kemudian di lumuri gula merah. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang kenal yang di karenakan oleh bahan bakunya yang terbuat dari ketan. Selain itu Gemblong Ketan memiliki cita rasa gurih yang di sebabkan oleh santan. Dengan rasa yang begitu padu membuat makanan ini di sukai oleh oarng. selain itu, harga yang sangat terjangkau membuat makanan ini semakin di minati oleh para penikmat jajanan tradisional. Kita dapat menjumpai makanan ini di pada pasar - pasar tradisional yang berada di Kabupaten Pemalang


 7. Kerupuk Usek

Gambar 7.1 Makanan yang di taburi
          kerupuk usek
Kerupuk usek merupakan salah satu kerupuk ciri khas Pemalang. Tidak hanya Kabupaten Pemalang, daerah di sepanjang jalur pantura juga terdapat makanan ini namun dengan ciri khas lainnya. Yang menjadikan keunikan kerupuk ini dengan kerupuk yang lain adalah cara menggorengnya yaitu dengan media pasir, Hal tersebut yang membuat tekstur kerupuk berbeda dengan kerupuk yang lain. Biasanya kerupuk ini di sajikan dengan sambal kacang. dengan harga yang sangat terjangkau membuat kerupuk ini di minati banyak orang. Kerupuk ini bisa di temukan di daerah Pemalang.

No comments:

Post a Comment